Wednesday, January 03, 2007

Berlin, Dusseldorf & Hannover



Setelah beristirahat beberapa hari di Holland, aku melanjutkan kembali perjalananku. Kali ini ke Germany tepatnya Berlin, Dusseldorf, Ratingen dan Hannover.
Sudah lama sekali aku ingin pergi ke Berlin. Tak lain tak bukan aku ingin melihat tembok Berlin, eh sudah gak ada ding...cuma ada sedikit yg masih tersisa.

Tembok Berlin atau Die Berliner Mauer, di bangun pada tgl 13 Agustus 1961 oleh pemerintah komunis dibawah pimpinan Walter Ulbricht.
Tembok Berlin ini memisahkan antara Berlin Barat dan Berlin Timur. Mula-mula tembok atau batas pemisah ini hanya berupa kawat-kawat berduri. Tetapi lama kelamaan akhirnya dibangun tembok yang akhirnya benar-benar memisahkan antara Berlin Barat dan Berlin Timur.

Mereka yang tadinya masih hidup berdampingan dengan saudara, teman, kerabat atau tetangga mereka, tiba-tiba mereka harus dipisahkan oleh tembok.
Sebelum dibangun tembok yang terbuat dari batu ( masih kawat berduri ) untuk melakukan kontak dengan orang lain mereka akan melakukannya dengan pembatas kawat berduri itu. Mereka bisa bercakap-cakap dan bertatap muka tapi dengan pembatas kawat berduri tsb. Menyedihkan sekali ya ?
Mereka masih bisa berjabat tangan tapi tetap dengan kawat berduri menjadi pembatas mereka.

Setelah dibangun tembok yang terbuat dari batu, mereka benar-benar terpisahkan. Kalau mereka yang dari Berlin Barat mau ke Berlin Timur mereka harus melewati check point. Waktu aku pergi ke museum aku melihat sebuah photo yang sangat menyedihkan. Di situ diceritakan, antara orang tua yang terpisah dengan anak perempuanya oleh tembok ini. Saat anak perempuannya menikah, orang tua ini hanya bisa melihat anaknya dari jendela rumah mereka. Dan anak perempuan tsb hanya bisa melambai-lambikan tangannya kepada orang tuanya. Duuh....ngenes ya...?.

Atau ada lagi, hanya untuk bisa melihat teman atau saudara mereka yang berada di seberang tembok, mereka harus rela naik tangga atau memanjat tembok supaya bisa melihat ke seberang tembok tsb.
Mereka terkungkung diantara tembok itu selama 26 thaun. Lama sekali ya..? Dan akhirnya pada tahun 1989 tembok Berlin itu berhasil di robohkan.

Setelah bermalam di Berlin, keesokan harinya aku melanjutkan perjalanananku ke Hannover dan bermalam disana.


No comments: