Monday, February 05, 2007

Kanan atau kiri tidak ada untungnya.

"Eh, tadi tanganku keseleo!"
"Kanan apa kiri?".
"Ooooh.....untungnya tangan kiri ya...?"

Sering sekali aku dengar kata-kata seperti itu sejak aku masih kecil iplik-iplik sampai sudah odot-odot begini. Bagi aku kanan atau kiri sama-sama tidak ada untungnya alias sama-sama rugi 'bo!
Aku mengalaminya sendiri. Kejadiannya sebenarnya sudah kira-kira 2 minggu yll waktu aku pergi ke supermarket untuk belanja. Tapi efeknya sampai sekarang masih terasa.

Sudah menjadi tugas rutinku untuk belanja kebutuhan sehari hari. Dalam suatu kesempatan belanja aku beli beras. Gak mungkin dong beras aku tenteng di keranjang ? Otomatis aku pakai trolley. Tiba di beras section, tuuuiiing..... aku angkat beras 10KG dengan tangan kiriku, tangan kananku pegang trolley. Ah...kalau cuma 10KG mah cemen...tiba-tiba, kreek....terdengar bunyi dari tangan kiriku. Aduuuhh.... mak...tangan kiriku terasa seperti diplintir.
Saaaakiiiit... banget....seketika itu juga tangan kiriku langsung lemas dan tidak berdaya. Duuuh...kalau gak malu aku sudah nangis lho.

Berhubung tugas belanja belum selesai, dengan amat sangat terpaksa aku lanjutkan belanjaku walau harus dengan nyengir-nyengir kuda menahan sakit.
Sorenya aku langsung ke dokter, aku takut tulangku patah atau gimana. Oleh dokter aku hanya dikasih obat dan dokter bilang tangan kiriku hanya terkilir atau keseleo saja
Seperti kebanyakkan saran dokter aku harus mengistirahatkan tangan kiriku, tidak boleh untuk kerja atau ngangkat-ngangkat yang berat.

Satu hari setelah minum obat, aku merasakan manfaat dari obat tsb, rasa nyerinya sedikit berkurang walau tangan kiriku masih terasa lemah.
Siapa bilang tangan kiri itu fungsinya hanya untuk *c...k*...? . Salah besar kalau ada yang berpikiran seperti itu.

Aku sudah mengalaminya sendiri, ternyata tangan kiri fungsinya sama pentingnya seperti tangan kanan. Walau tangan kanan memang memegang peranan yang lebih besar kalau dibanding tangan kiri.

Contoh kecil saja yang sering aku lakukan di rumah yaitu mencuci piring. Tangan kiri bertugas untuk memegang piring sedangkan tangan kanan bertugas untuk membersihkan piring tsb. Coba kalau tangan kiri tidak bisa dipakai bagaimana ? Tentunya susah kan....?

Biasanya kalau selesai masak aku menuangkan masakan tsb kedalam piring atau mangkok. Nah, kebiasaanku adalah tangan kiri yang memegang wajan dan menuangkannya ke dalam wadah dan tangan kananku memegang sodet.
Ini gak bisa lakukan lagi. Sama sekali gak bisa lakukan. Kalau aku paksakan bisa-bisa masakan yang sudah matang akan bertebaran dilantai. Karena tangan kiriku gak kuat megang wajan beserta isinya.

Kemarin aku paksakan tangan kiriku untuk bekerja dan yang ada seharian aku meringis menahan nyeri.
Bagi aku tangan kanan atau tangan kiri yang keseleo tidak ada untungnya, sama-sama rugi.

2 comments:

Hany said...

Hwalaaaah.. mesakke tenan, Jeng. Kemaren itu udah baekan belum?

--Hany

Trie Mayor said...

Hehehehehe....nasibe dadi kuli angkat jeng....Kemarin itu sdh mendingan tapi kdg2 suka kumat lagi.